"Kebenaran adalah berani, dan kebaikan tidak pernah takut." -William Shakespeare_Measure for measure-

Sabtu, 20 Juni 2009

ABNORMAL

Kenapa Tuhan membentuk manusia yang tidak sempurna secara fisik? Kenapa Tuhan menciptakan orang cacat didunia ini?

Saat melihat orang abnormal, atau lebih sering kita kenal dengan kata “cacat”, baik itu cacat fisik, maupun cacat mental, apa yang paling pertama terpikirkan oleh kita? Pikiran itu bisa bermacam-macam. Tapi pikiran yang pada umumnya terpikirkan oleh kita saat melihat orang abnormal tersebut adalah “kasihan”. Tentu saja kata “kasihan” ini bisa berarti banyak tergantung interpretasi diri masing-masing. Tapi, pertanyaan yang menggelitik adalah, seberapa banyak orang yang berpikir bahwa orang cacat atau yang sering kita beri label “abnormal” tersebut mampu melakukan banyak hal yang lebih hebat daripada yang mampu dilakukan orang normal sendiri? Berapa banyak orang berpikir bahwa orang abnormal tersebut memiliki rasa tanggung jawab luar biasa tinggi melebihi orang normal sekalipun? Berapa banyak orang normal berpikir bahwa si abnormal yang sering kita pandang sebelah mata, memiliki pertahanan dan keberanian yang jauh lebih besar dari orang normal ini? Karena pada kenyataannya, mereka yang berlabel abnormal ini memang memiliki kehebatan tersendiri yang tidak dimiliki orang normal seperti kita ini. Karena pada kenyataannya, mereka yang ber”title” abnormal ini memiliki tanggung jawab yang jauh lebih baik daripada kita yang normal ini. Karena pada kenyataannya,si abnormal ini, memiliki keberanian dan pertahanan yang tinggi terhadap dirinya sendiri daripada kita yang normal ini.

Seringkali kita berpikir, bahwa para abnormal ini akan belajar banyak dari kita yang melabelkan dirinya sendiri normal, Tetapi tanpa kita sadari, sebenarnya, kitalah yang belajar banyak dari mereka. Mereka lah contoh yang sesungguhnya saat kita mencari letak keberanian. Merekalah yang harus kita lihat saat kita sedang membentuk pertahanan diri. Mereka, tidak seperti yang lainnya. Ya, mereka memang abnormal, mereka melebihi batas normal yang distandarkan oleh manusia yang mengatakan dirinya normal, tapi, mereka jauh lebih baik, jauh lebih indah, jauh lebih manis, dan jauh lebih hebat, daripada kita yang normal ini.

Kenapa Tuhan menciptakan orang cacat didunia ini? Karena Tuhan tau, mereka jauh lebih berguna daripada orang yang memiliki kesempurnaan fisik, karena Tuhan akan membuat mata orang-orang yang mencari arti keberanian, pertahanan diri, dan perjuangan tanpa lelah, mengarah pada mereka, mereka yang diberi label “abnormal” oleh sesamanya, yaitu manusia.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...